Langsung ke konten utama

Kista Ganglion - Penyebab, Gejala dan Pengobatannya

Kista Ganglion - Ada benjolan di pergelangan tangan Anda? Sering terasa nyeri jika melakukan aktifitas berat? Dan membuat Anda khawatir serta bertanya-tanya apa benjolan yang muncul ditangan Anda itu? Apakah benjolan tersebut berbahaya? Adapun untuk benjolan yang ada pada pergelangan tangan Anda itu adalah kista ganglion. Nah, jika Anda ingin mengetahui apa itu kista ganglion? serta penyebab, gejala dan pengobatannya? Silakan simak informasinya dibawah ini.

Mengenal Kista Ganglion serta Penyebab, Gejala dan Pengobatannya

Apa Itu Kista Ganglion?

Kista ganglion ini merupakan benjolan atau tumor yang muncul pada bagian atas persendian atau pada jaringan penghubung otot dan tulang (Tendon). Benjolan yang muncul ini nampak seperti sebuah kantung yang berisikan cairan berwarna bening dan memiliki tekstur lengket serta kental yang mana disebut juga dengan cairan sinoval.

Selain itu, untuk kista ganglion memiliki ukuran yang bervariasi, dari mulai sekecil kacang polong hingga yang besar seperti bola golf. Untuk kista ganglion yang berukuran kecil, biasanya jumlahnya lebih dari satu, Tetapi mereka terhubung dengan jaringan yang sama dibawah kulit.

Dimana Saja Benjolan Kista Ganglion Bisa Muncul?

Selain sering muncul pada pergelangan tangan, kista ganglion juga kemungkinan bisa muncul pada tempat lainnya seperti ruas jari paling bawah, ujung jari, dibagian lutut luar, pergelangan kaki atau punggung kaki.

Apa Benjolan Kista Ganglion Berbahaya?

Untuk kista ganglion memang bukan termasuk jenis penyakit yang berbahaya, namun kondisi ini terkadang bisa menimbulkan rasa sakit serta bisa membuat Anda tidak nyaman dan akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Gejala Kista Ganglion

Gejala Apa Yang Bisa Ditimbulkan Kista Ganglion?

Ada beberapa ciri yang bisa Anda kenali dari akibat benjolan kista ganglion, diantaranya seperti:
  • Memiliki ukuran besar sperti buah duku dan mempunyai bentuk bulat dan oval.
  • Umumnya kista ganglion muncul di sendi tangan dan pergelangan tangan. Bisa juga muncul dilokasi lainnya, seperti kaki atau pergelangan kaki.
  • Ukuran kista ganglion bisa berubah-ubah. Disaat sendi bergerak secara berulang, kista bisa membesar, Namun disaat Anda beristirahat kista bisa mengecil.
  • Kista ini biasanya tidak menimbulkan nyeri. Tetapi apabila kista menekan saraf, bisa muncul rasa nyeri, kaku, kesemutan, atau bisa menjadikan otot menjadi lemah. Malahan rasa nyeri bisa bertambah ketika sendi bergerak.

Diagnosis Kista Ganglion

Bagaimana Cara Saya Mengetahui Bahwa Benjolan Itu Kista Ganglion?

Jika Anda ingin memastikan benjolan itu kista ganglion atau bukan, sebaiknya Anda segera pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan atau konsultasi. Biasa dokter akan memeriksa dan menyinari benjolan yang tumbuh di tubuh Anda dengan lampu untuk mengetahui apakah benjolan tersebut berisikan benda padat atau cair.

Namun ika diperlukan, dokter juga bisa melakukan pemeriksaan pendukung seperti:
  • Ultrasonografi (USG)
Berguna untuk melihat apakah benjolan yang tumbuh pada salah satu tubuh Anda itu berisi jaringan padat atau cairan.
  • Magnetic Resonance Imaging (MRI)
Pemeriksaan metode ini berguna untuk mengetahui kista ganglion secara detail. Dengan metode ini, dokter akan mengetahui kondisi kista yang tersembunyi atau adanya penyakit lainnya, seperti tumor atau artritis.
  • Aspirasi
Untuk aspirasi ini merupakan penyedot cairan kistayang menggunakan jarum, untuk kemudian diperiksa di laboratorium.

Pengobatan Kista Ganglion

Bagaimana Cara Pengobatan Kista Ganglion?

Adapun dari sebagian besar kista ganglion tidak menimbulkan gejala, sehingga tidak memerlukan pengobatan yang khusus dan juga bisa hilang dengan sendirinya. Namun jika kista ganglion menimbulkan rasa nyeri, apalagi mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, dokter bisa melakukan penangan dengan beberapa cara seperti dibawah ini:
  • Immobilization (Menahan gerakan sendi). Untuk metode ini, biasanya dokter akan menahan gerakan sendi dengan menahan atau akan membatasi gerakan sendi yang bermasalah, agar kista bisa mengecil, sehingga saraf tidak lagi tertekan dan rasa nyeri juga bisa hilang.
  • Aspirasi (Penyodatan Cairan). Cara metode ini dilakukan dengan menusuk jarum pada benjolan kista ganglion guna mengeluarkan cairan dari dalam kista. Untuk mengoptimalkan pengobatan, dokter akan menyuntikan obat kortikosteroid setelah melakukan tindakan aspirasi. Ini berguna untuk mencegah kista ganglion kembali tumbuh.
Apabila cara diatas tidak mampu mengatasi kista ganglion, dokter akan menyarankan Anda untuk operasi. Ada 2 jenis operasi untuk mengangkat kista ganglion, diantaranya:
    • Artroskopi. Untuk metode operasi jenis ini, dokter akan membuat sayatan besar sebesar lubang kunci guna memasukan alat khusus yang dilengkapi dengan artroskop (camera kecil).
    • Pembedahan terbuka. Sedangkan untuk metode ini, dokter akan melakukan sayatan sepanjang tusuk gigi pada lokasi sendi atau tendon yang mana terdapat kista ganglion.

    Itulah beberapa cara pengobatan dan penanganan kista ganglion, namun selain cara diatas Anda juga bisa mengobati kista gangkion Anda dengan menggunakan obat kista ganglion herbal yang mana obat herbal ini sangat bisa membantu mengobati dan mencegah kista tumbuh kembali secara alami, aman dan tidak akan menimbulkan efek samping. Jika Anda berminat Anda bisa baca dan memesanyan disini Obat Kista Ganglion Terbaik yang Aman, Alami dan Tanpa Efek Samping.

    Demikian informasi yang bisa kami sampaikan , mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk Anda semua yang sudah bersedia menyempatkan waktunya untuk menyimak informasi dari kami. Semoga Anda cepat diberi lagi kesehatan sperti biasanya. Aamiin. Terimakasih.

      Komentar

      Postingan populer dari blog ini

      Makanan Pantangan Untuk Penderita Kista Ovarium

      Kista adalah salah satu jenis penyakit yang mana terdapat benjolan berisi cairan yang tumbuh di ovarium/rahim semua wanita. Secara umum kista akan tumbuh ketika memasuki siklus haid, dan akan hilang dengan sendirinya setelah siklus haid selesai. Tetapi ada juga kista yang tetap tumbuh di ovarium, padahal bukan dalam masa siklus haid. Kista ini bisa berisi cairan kental, nanah, dan udara. Sewaktu-waktu kista ini dapat pecah dan mengeluarkan isinya dan akan menimbulkan rasa sakit. Meskipun kista termasuk kedalam tumor jinak, kista dapat menyebabkan masalah kesehatan yang sangat serius. Seperti menganggu kesuburan, bahkan menimbulkan kanker. Penyakit kista bisa timbul karena beberapa faktor? Salah satunya adalah pola gaya hidup yang tidak baik dan pola makan yang tidak baik. Maka dari itu sangat penting untuk menjaga makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Berikut ini beberapa pantangan untuk penderita kista ovarium diantaranya: Daging Merah Atau Daging Mentah Makanan pa

      Cara Menghilangkan Kista Yang Wajib Diketahui

      Cara menghilangkan kista - Terima kasih bagi Anda yang telah berkunjung di herbalkistablog.blogspot.com yang merupakan situs informasi lengkap mengenai penyakit kista dan cara mengobatinya secara medis maupun dengan cara pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini, Kami kembali hadir untuk sedikit memberikan informasi mengenai cara menghilangkan kista. Untuk Anda yang belum mengetahuinya, silakan simak informasinya dibawah ini. Kista adalah benjolan yang berisi cairan, gas atau semisolid yang bisa muncul pada bagian tubuh mana saja, seperti di kulit wajah, malahan di organ dalam tubuh seperti ginjal, rahim atau otak. Ada beberapa cara untuk menghilangkan kista, itupun tergantung pada jenis, tingkat keparahan dan letak kista tersebut. Cara Menghilangkan Kista Dengan Pengobatan Medis dan Herbal Didalam dunia kedokteran terdapat ribuan jenis kista yang dikenal. Umumnya kista yang bersifat jinak, meskipun beberapa lainnya berpotensi menjadi ganas. Secara umum kista m

      Obat Herbal Kista Ganglion Terbaik, Aman, Alami dan Tanpa Efek Samping

      Obat Kista Ganglion Herbal - Kista ganglion merupakan benjolan yang berisikan cairan atau benda padat yang tumbuh pada pergelangan tangan atau area sendi. Selain itu, benjolan ini juga bisa tumbuh pada jaringan yang mana menghubungkan otot dengan tulang (tendon). Benjolan kista ganglion ini bisa muncul, menghilang, atau berubah ukuran dengan cepat. Ukuran kista akan membesar seiring dengan meningkatnya aktivitas pada sendi tersebut. Selain itu, kista ganglion ini bisa menyerang pada semua usia, namun para penderita tidak mengetahuinya. Sebab kista ganglion ini sebagian besar tidak menimbulkan gejala, sehingga tidak memerlukan penanganan dan bisa hilang dengan sendirinya. Tetapi jika kista ganglion menimbulkan rasa sakit dan mengganggu aktivitas, kami akan rekomendasikan obat kista ganglion herbal yang mana bisa membantu Anda mengobati kista ganglion dan juga gejalanya secara alami, aman dan tidak akan menimbulkan efek samping. Adapun obat herbal terbut adalah Qnc jelly gamat. Ap